Rabu, 03 April 2013

PERBEDAAN PENTIUM D, DUAL CORE, CORE 2 DUO, QUAD CORE, CORE 2 QUAD



Jika sebelumnya kita membahas prosesor mini milik Intel, sekarang kita akan membahas ‘saudara’nya yang lebih pintar. Apa saja ‘mereka’? Apa perbedaannya? Check it out!!
Dua per-komputer-an semakin berkembang. Dan pengembangan prosesor pun dituntut untuk terus maju. Ada banyak pilihan yang diberikan kepada user. Dengan banyaknya pilihan, pasti ada sedikit kebingungan dibenak kita. Mari kita pelajari perbedaan dari masing-masing prosesor ini.
Pentium D
Pentium D adalah prosesor dual core pertama dari intel yang berbasis arsitektur NetBurst yang sama dengan pentium 4, atau bisa dibilang ‘legacy’ atau peninggalan. Kinerja dari pentium D ini hampir 2x lipat dari pentium 4 dengan clock speed yang sama, fisik dari pentium D, soket LGA775. Teknologi ini menggunakan 2 chip processor dalam satu die, tetapi penggunaan processor kedua masih kurang maksimal. Pentium D mempunyai daya paling besar, tetapi toleransi suhu yang paling tinggi (sekitar 67 derajat celcius) karena teknologi Pentium D memiliki panas yang cukup tinggi. kerugian paling besar lagi, chip ke-2 dari processor ini tidak memiliki pengecekan panas bagi inti ke-2, sehingga, bila chip ke-2 kepanasan, kita tidak akan pernah tahu.
Dual Core
Pentium Dual Core adalah generasi pertama dari processor intel dengan arsitektur Core, karena intel telah meninggalkan arsitektur Pentium. Prosesor ini kinerjanya masih dibawah Core 2 Duo karena kecepatan FSB yang diturunkan dan juga L2 Cache yang dipotong. Model ini dapat memaksimalkan penggunaan core ke dua dari processor, dan sudah mempunyai pengecekan panas bagi inti processor ke-2, difabrikasi dengan ukuran chip pada die 90nm- 65nm.
Core 2 Duo
Core 2 Duo adalah Generasi kedua dari arsitektur Core, memiliki kecepatan latency yang lebih kecil (membuatnya lebih cepat dibanding pendahulunya) dan memiliki memori cache yang dipasang per core, tetapi terhubung satu sama lain (secara paralel). Diproduksi dengan fabrikasi 65 nm. Sehingga ada versi yang memiliki 4 core didalamnya (quad core).
Quad Core
Quad Core adalah prosesor dengan 4 inti (core) didalamnya
Core 2 Quad
Core 2 Quad adalah menggabungkan 2 buah Core 2 Duo.
Semoga penjelasan singkat ini bisa membantu :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar