Rabu, 05 Desember 2012

PERTEMUAN VISUAL BASIC

ARTIKEL15 - PERTEMUAN VISUAL BASIC
Pertuman pertama di lab SI [ Viaual Basic ]. saat memasuki lab SI hal pertama yang akan di tanyakan adalah Kartu Praktikum dan Map Merah. Oleh karena itu jangan sampai anda tidak membawa kedua benda keramat ini jika anda tidak ingin di usir dari lab SI. setelah memasuki ruang lab dan memilih komputer. anda akan di berikan sebuah pertanyaan seputar Visual Basic. Berikut Pertanyaanya :

1. Jelaskan Pengertian Dari Visual Basic !
2. Sebutkan Dan Jelaskan 5 tools yang berada di visual basic !
3. Jelaskan Sejarah Visual Basic 6 secara singkat !

Jawabannya

1. Visual Basic merupakan turunan bahasa BASIC dan menawarkan pengembangan aplikasi komputer berbasis grafik dengan cepat, akses ke basis data menggunakan Data Access Objects (DAO), Remote Data Objects (RDO), atau ActiveX Data Object (ADO), serta menawarkan pembuatan kontrol ActiveX dan objek ActiveX. Beberapa bahasa skrip seperti Visual Basic for Applications (VBA) dan Visual Basic Scripting Edition (VBScript), mirip seperti halnya Visual Basic, tetapi cara kerjanya yang berbeda.

2.  
A.Pointer
bukan merupakan suatu kontrol; gunakan icon ini ketika anda ingin memilih kontrol yang sudah berada pada form.

 B. PictureBox
adalah kontrol yang digunakan untuk menampilkan image dengan format: BMP, DIB (bitmap), ICO (icon), CUR (cursor), WMF (metafile), EMF (enhanced metafile), GIF, dan JPEG.

C. Label
adalah kontrol yang digunakan untuk menampilkan teks yang tidak dapat diperbaiki oleh pemakai. TextBox adalah kontrol yang mengandung string yang dapat diperbaiki oleh pemakai, dapat berupa satu baris tunggal, atau banyak baris.

D. Frame
adalah kontrol yang digunakan sebagai kontainer bagi kontrol lainnya. CommandButton merupakan kontrol hampir ditemukan pada setiap form, dan digunakan untuk membangkitkan event proses tertentu ketika pemakai melakukan klik padanya.

E. CheckBox
digunakan untuk pilihan yang isinya bernilai yes/no, true/false. OptionButton sering digunakan lebih dari satu sebagai pilihan terhadap beberapa option yang hanya dapat dipilih satu.
ListBox mengandung sejumlah item, dan user dapat memilih lebih dari satu (bergantung pada property MultiSelect).

F. ComboBox
merupakan konbinasi dari TextBox dan suatu ListBox dimana pemasukkan data dapat dilakukan dengan pengetikkan maupun pemilihan. HScrollBar dan VScrollBar digunakan untuk membentuk scrollbar berdiri sendiri.

G. Timer
digunakan untuk proses background yang diaktifkan berdasarkan interval waktu tertentu. Merupakan kontrol non-visual. DriveListBox, DirListBox, dan FileListBox sering digunakan untuk
membentuk dialog box yang berkaitan dengan file.

H. Shape dan Line
digunakan untuk menampilkan bentuk seperti garis, persegi, bulatan, oval.

I. Image berfungsi
menyerupai image box, tetapi tidak dapat digunakan sebagai kontainer bagi kontrol lainnya. Sesuatu yang perlu diketahui bahwa kontrol image menggunakan resource yang lebih kecil dibandingkan dengan PictureBox

J. Data
digunakan untuk data binding OLE dapat digunakan sebagai tempat bagi program eksternal seperti Microsoft Excel, Word, dll.

 3. Sejarah singkat VB 6
 Sejarah singkat Visual Basic:
-         diperkenalkan pertama kali tahun 1991 yaitu program Visual Basic untuk DOS dan untuk Windows.
-         Visual Basic 3.0 dirilis tahun 1993
-         Visual Basic 4.0 dirilis pada akhir 1995 ( tambahan dukungan untuk aplikasi 32 bit )
-         Visual Basic 6.0 dirilis pada akhir 1998
Microsoft umumnya membuat tiga edisi Visual Basic yaitu:
-         Standard Edition : merupakan produk dasar
-         Professional Edition : berisi tambahan Microsoft Jet Data Access Engine        ( database ) dan pembuatan server OLE automation
-         Enterprise Edition : adalah edisi client server.

http://rhatavarium.blogspot.com/2011/03/pertemuan-pertama-visual-basic-part-1.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar