Selasa, 04 Desember 2012

CASE

ARTIKEL 2 - CASE



Dalam Visual Basic terdapat banyak fungsi yang digunakan untuk mengolah data bertipe string. Berikut ini adalah penjelasan tentang fungsi-fungsi string yang sering digunakan.
  • LCase(x) , digunakan untuk mengubah semua huruf dalam string x menjadi kecil semua. Contoh:
    s = LCase("Aku Bisa")
     , maka nilai s adalah "aku bisa"

  • UCase(x) , digunakan untuk mengubah semua huruf dalam string x menjadi besar semua. Contoh:
    s = LCase("Aku Bisa")
     , maka nilai s adalah "AKU BISA"

  • Left(x,n) , digunakan untuk mengambil karakter dari string x yang dimulai dari kiri sebanyak n. Contoh:
    VB 6.0,
     s = Left("Aku Bisa", 3)
    VB .NET,
     s = Strings.Left("Aku Bisa", 3)
    maka nilai s adalah "Aku"

  • Right(x,n) , digunakan untuk mengambil karakter dari string x yang dimulai dari kanan sebanyak n. Contoh:
    VB 6.0,
     s = Right("Aku Bisa", 3)
    VB .NET,
     s = Strings.Right("Aku Bisa", 3)
    maka nilai s adalah "isa"

  • Mid(x,m,n) , digunakan untuk mengambil karakter dari string x yang dimulai dari karakter ke m sebanyak n. Contoh: 
    s = Mid("Aku Bisa", 2, 2)
     , maka nilai s adalah "ku"

  • LTrim(x) , digunakan untuk menghapus karakter spasi di bagian kiri dari string x.
    Contoh:
     s = LTrim("     Aku Bisa     ") , maka nilai s adalah "Aku Bisa     "

  • RTrim(x) , digunakan untuk menghapus karakter spasi di bagian kanan dari string x.
    Contoh:
     s = RTrim("     Aku Bisa     ") , maka nilai s adalah "     Aku Bisa"

  • Trim(x) , digunakan untuk menghapus karakter spasi di bagian kiri dan kanan dari string x. Contoh:
    s = Trim("     Aku Bisa     ")
     , maka nilai s adalah "Aku Bisa"

  • Len(x) , digunakan untuk menghitung jumlah karakter dari string x. Contoh:
    s = Len("Aku Bisa")
     , maka nilai s adalah 8.

  • String(n,x) , digunakan untuk membuat karakter x sebanyak n. Contoh:
    VB 6.0, 
     s = String(10, "A")
    VB .NET,
     s = New String("A", 10)
    maka nilai s adalah "AAAAAAAAAA"

  • Space(n) , digunakan untuk membuat karakter spasi sebanyak n. Contoh:
    s = Space(10)
     , maka nilai s adalah "          "
  • Asc(x) , digunakan untuk mengetahui nilai ASCII dari karakter x. Contoh:
    s = Asc("A")
     , maka nilai s adalah 65

  • Chr(x) , digunakan untuk mengetahui karakter dari nilai ASCII x. Contoh:
    s = Chr(65)
     , maka nilai s adalah "A"

  • InStr(x,n) , digunakan untuk mengetahui posisi karakter n didalam string x. Contoh:
    s = InStr("Aku Bisa", "u")
     , maka nilai s adalah 3

  • StrComp(x,y,n) , digunakan untuk membandingkan string x dan string y berdasarkan n. Jika n bernilai 0 maka akan dibandingkan secara case-sensitive, sedangkan jika n bernilai 1 maka akan dibandingkan secara biasa. Contoh:
    s = StrComp("Aku", "aku", 0)
     , maka nilai s adalah -1
    s = StrComp("Aku", "aku", 1)
     , maka nilai s adalah 0 
    Khusus untuk fungsi ini, jika menghasilkan nilai 0 maka dianggap sebagai True, dan jika menghasilkan nilai selain 0 maka dianggap False.

  • StrConv(x,n) , digunakan untuk mengubah huruf dalam string x berdasarkan nilai n. Contoh:
    s = StrConv("Aku Bisa", 1)
     , maka nilai s adalah "AKU BISA"
    s = StrConv("Aku Bisa", 2)
     , maka nilai s adalah "aku bisa"
    s = StrConv("aku bisa", 3)
     , maka nilai s adalah "Aku Bisa"

  • StrReverse(x) , digunakan untuk membalikkan posisi huruf dalam string x. Contoh:
    s = StrReverse("Aku Bisa")
     , maka nilai s adalah "asiB ukA"

  • Replace(x,m,n) , digunakan untuk menggantikan karakter m dalam string x dengan karakter n. Contoh:
    s = Replace("Kamu Juga Bisa", "a", "o")
     , maka nilai s adalah "Komu Jugo Biso"

  • Split(x,n)(i) , digunakan untuk memecah string x berdasarkan karakter n dengan penomoran i. Contoh:
    s = Split("Kuda,Kerbau,Sapi,Kambing,Macan", ",")(0)
     , maka nilai s adalah "Kuda"
    s = Split("Kuda,Kerbau,Sapi,Kambing,Macan", ",")(1)
     , maka nilai s adalah "Kerbau"
    s = Split("Kuda,Kerbau,Sapi,Kambing,Macan", ",")(4)
     , maka nilai s adalah "Macan"

  • Join(x,n) , digunakan untuk menggabungkan rangkain string x yang dihubungkan dengan string n. Contoh:
    VB6,
     s = Join(Array("Hani", "Indah", "Budi", "Herman"), " & ")
    VB.NET,
     s = Join(New Object() {"Hani", "Indah", "Budi", "Herman"}, " & ")
    maka nilai s adalah "Hani & Indah & Budi & Herman"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar