Jumat, 28 Juni 2013

SISTEM INFORMASI PENJUALAN KOSMETIKA


DESAIN MENU UTAMA



LISTING PROGRAM



Public Class Form1

    Private Sub KELUARToolStripMenuItem1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles KELUARToolStripMenuItem1.Click
        Me.Close()
    End Sub

    Private Sub DATAToolStripMenuItem_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles DATAToolStripMenuItem.Click
        DATA_PELANGGAN.Show()
    End Sub

    Private Sub DATAKOSMETIKToolStripMenuItem_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles DATAKOSMETIKToolStripMenuItem.Click
        DATA_KOSMETIK.Show()
    End Sub

    Private Sub DATASALESToolStripMenuItem_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles DATASALESToolStripMenuItem.Click
        DATA_SALES.Show()
    End Sub

    Private Sub DATAADMINISTRASIToolStripMenuItem_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles DATAADMINISTRASIToolStripMenuItem.Click
        DATA_ADMINISTRASI.Show()
    End Sub

    Private Sub LAPToolStripMenuItem_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles LAPToolStripMenuItem.Click
        Form2.Show()
        Form2.MdiParent = Me
        Dim laporan As New CrystalReport4
        Form2.CrystalReportViewer1.ReportSource = laporan
    End Sub

    Private Sub LAPKOSMETIKToolStripMenuItem_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles LAPKOSMETIKToolStripMenuItem.Click
        Form3.Show()
        Form3.MdiParent = Me
        Dim laporan As New CrystalReport3
        Form3.CrystalReportViewer1.ReportSource = laporan
    End Sub

    Private Sub LAPToolStripMenuItem1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles LAPToolStripMenuItem1.Click
        Form4.Show()
        Form4.MdiParent = Me
        Dim laporan As New CrystalReport2
        Form4.CrystalReportViewer1.ReportSource = laporan
    End Sub

    Private Sub LAPADMINISTRASIToolStripMenuItem_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles LAPADMINISTRASIToolStripMenuItem.Click
        Form5.Show()
        Form5.MdiParent = Me
        Dim laporan As New CrystalReport1
        Form5.CrystalReportViewer1.ReportSource = laporan
    End Sub
End Class 



DESAIN DATA ADMINISTRASI






LISTING PROGRAM




Imports System.Data.OleDb
Public Class DATA_ADMINISTRASI
    Public DB As OleDbConnection
    Public CMD As OleDbCommand
    Public ADP As OleDbDataAdapter
    Public DR As OleDbDataReader
    Public DS As New DataSet
    Dim SQL As String
    Public Sub opendb()
        Dim lokasi = "provider=microsoft.jet.oledb.4.0;data source=C:\vb2\vb2.mdb"
        DB = New OleDbConnection(lokasi)
        If DB.State = ConnectionState.Closed Then
            DB.Open()
        End If
    End Sub
    Sub tampilrecordkaryawan()
        ADP = New OleDbDataAdapter("select * from administrasi", DB)
        DS = New DataSet
        ADP.Fill(DS, "administrasi")
        DataGridView1.DataSource = DS.Tables("administrasi")
    End Sub
    Sub buttonbaru()
        btn_baru.Enabled = True
        btn_edit.Enabled = False
        btn_simpan.Enabled = False
        btn_batal.Enabled = False
        btn_hapus.Enabled = False
        btn_keluar.Enabled = True
    End Sub

    Sub buttonedit()
        btn_baru.Enabled = False
        btn_edit.Enabled = False
        btn_simpan.Enabled = True
        btn_batal.Enabled = True
        btn_hapus.Enabled = True
        btn_keluar.Enabled = False
    End Sub

    Sub buttonsimpan()
        btn_baru.Enabled = False
        btn_edit.Enabled = True
        btn_simpan.Enabled = False
        btn_batal.Enabled = False
        btn_hapus.Enabled = True
        btn_keluar.Enabled = False
    End Sub
    Sub hapustext()
        kode.Text = ""
        nama.Text = ""
        alamat.Text = ""
        telepon.Text = ""
        Call buttonbaru()
    End Sub


    Private Sub btnhapus_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btn_hapus.Click
        SQL = "delete from administrasi where kode='" & kode.Text & "'"
        CMD = New OleDbCommand(SQL, DB)
        CMD.ExecuteNonQuery()
        Call btnbaru_Click(sender, e)
        Call tampilrecordkaryawan()
    End Sub

    Private Sub btnkeluar_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btn_keluar.Click
        Me.Close()
    End Sub

    Private Sub btnbaru_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btn_baru.Click
        Call hapustext()
        kode.Focus()
    End Sub

    Private Sub karyawan_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load

        Call opendb()
        Call hapustext()
        Call tampilrecordkaryawan()
    End Sub

    Private Sub kode_KeyPress(ByVal sender As Object, ByVal e As System.Windows.Forms.KeyPressEventArgs) Handles kode.KeyPress
        Dim tombol As Integer = Asc(e.KeyChar)
        Dim xkode As String

        If tombol = 13 Then
            SQL = "select *from administrasi where kode='" & kode.Text & "'"
            CMD = New OleDbCommand(SQL, DB)
            DR = CMD.ExecuteReader
            DR.Read()
            If DR.HasRows = True Then
                nama.Text = DR.Item(1)
                alamat.Text = DR.Item(2)
                telepon.Text = DR.Item(3)
                Call buttonedit()
                MsgBox("data ditemukan !!")
            Else
                xkode = kode.Text
                Call hapustext()
                kode.Text = xkode
                Call buttonsimpan()
            End If
            DR.Close()
            'kode.Text = xkode
            nama.Focus()
        End If
    End Sub

    Private Sub btnbatal_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btn_batal.Click
        Call hapustext()
        kode.Focus()
    End Sub

    Private Sub btnedit_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btn_edit.Click
        SQL = "update administrasi set Nama='" & nama.Text & "'," & _
                                 "alamat='" & alamat.Text & "'," & _
                                 "telepon='" & telepon.Text & "'," & _
                                 " where kode='" & kode.Text & "' "
        CMD = New OleDbCommand(SQL, DB)
        CMD.ExecuteNonQuery()
        Call btnbaru_Click(sender, e)
        Call tampilrecordkaryawan()
    End Sub

    Private Sub btnsimpan_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btn_simpan.Click
        SQL = "insert into adminitrasi(kode, nama, alamat, telepon) " & " values('" & kode.Text & "','" & nama.Text & "','" & alamat.Text & "','" & telepon.Text & "')"
        CMD = New OleDbCommand(SQL, DB)
        CMD.ExecuteNonQuery()
        Call btnbaru_Click(sender, e)
        Call tampilrecordkaryawan()
    End Sub
End Class







DESAIN DATA KOSMETIK


LISTING PROGRAM



Imports System.Data.OleDb
Public Class DATA_KOSMETIK
    Public DB As OleDbConnection
    Public CMD As OleDbCommand
    Public ADP As OleDbDataAdapter
    Public DR As OleDbDataReader
    Public DS As New DataSet
    Dim SQL As String
    Public Sub opendb()
        Dim lokasi = "provider=microsoft.jet.oledb.4.0;data source=C:\vb2\vb2.mdb"
        DB = New OleDbConnection(lokasi)
        If DB.State = ConnectionState.Closed Then
            DB.Open()
        End If
    End Sub
    Sub tampilrecordkaryawan()
        ADP = New OleDbDataAdapter("select * from kosmetik", DB)
        DS = New DataSet
        ADP.Fill(DS, "kosmetik")
        DataGridView1.DataSource = DS.Tables("kosmetik")
    End Sub
    Sub buttonbaru()
        btn_baru.Enabled = True
        btn_edit.Enabled = False
        btn_simpan.Enabled = False
        btn_batal.Enabled = False
        btn_hapus.Enabled = False
        btn_keluar.Enabled = True
    End Sub

    Sub buttonedit()
        btn_baru.Enabled = False
        btn_edit.Enabled = False
        btn_simpan.Enabled = True
        btn_batal.Enabled = True
        btn_hapus.Enabled = True
        btn_keluar.Enabled = False
    End Sub

    Sub buttonsimpan()
        btn_baru.Enabled = False
        btn_edit.Enabled = True
        btn_simpan.Enabled = False
        btn_batal.Enabled = False
        btn_hapus.Enabled = True
        btn_keluar.Enabled = False
    End Sub
    Sub hapustext()
        kode_barang.Text = ""
        nama_barang.Text = ""
        harga.Text = ""
        jumlah.Text = ""
        Call buttonbaru()
    End Sub


    Private Sub btnhapus_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btn_hapus.Click
        SQL = "delete from kosmetik where kode barang='" & kode_barang.Text & "'"
        CMD = New OleDbCommand(SQL, DB)
        CMD.ExecuteNonQuery()
        Call btnbaru_Click(sender, e)
        Call tampilrecordkaryawan()
    End Sub

    Private Sub btnkeluar_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btn_keluar.Click
        Me.Close()
    End Sub

    Private Sub btnbaru_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btn_baru.Click
        Call hapustext()
        kode_barang.Focus()
    End Sub

    Private Sub karyawan_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load
        Call opendb()
        Call hapustext()
        Call tampilrecordkaryawan()
    End Sub

    Private Sub nik_KeyPress(ByVal sender As Object, ByVal e As System.Windows.Forms.KeyPressEventArgs) Handles kode_barang.KeyPress
        Dim tombol As Integer = Asc(e.KeyChar)
        Dim xkode As String
        'Dim xkd As String

        If tombol = 13 Then
            SQL = "select *from kosmetik where kode barang='" & kode_barang.Text & "'"
            CMD = New OleDbCommand(SQL, DB)
            DR = CMD.ExecuteReader
            DR.Read()
            If DR.HasRows = True Then
                nama_barang.Text = DR.Item(1)
                harga.Text = DR.Item(2)
                jumlah.Text = DR.Item(3)
                Call buttonedit()
                MsgBox("data ditemukan !!")
            Else
                xkode = kode_barang.Text
                Call hapustext()
                kode_barang.Text = xkode
                Call buttonsimpan()
            End If
            DR.Close()
            'kode_barang.Text = xkd
            nama_barang.Focus()
        End If
    End Sub

    Private Sub btnbatal_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btn_batal.Click
        Call hapustext()
        kode_barang.Focus()
    End Sub

    Private Sub btnedit_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btn_edit.Click
        SQL = "update sales set Nama barang='" & nama_barang.Text & "'," & _
                                 "harga='" & harga.Text & "'," & _
                                 "jumlah='" & jumlah.Text & "'," & _
                                 "where kode barang='" & kode_barang.Text & "' "
        CMD = New OleDbCommand(SQL, DB)
        CMD.ExecuteNonQuery()
        Call btnbaru_Click(sender, e)
        Call tampilrecordkaryawan()
    End Sub

    Private Sub btnsimpan_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btn_simpan.Click
        SQL = "insert into kosmetik(kode barang, nama barang, harga, jumlah) " & " values('" & kode_barang.Text & "','" & nama_barang.Text & "','" & harga.Text & "','" & jumlah.Text & "')"
        CMD = New OleDbCommand(SQL, DB)
        CMD.ExecuteNonQuery()
        Call btnbaru_Click(sender, e)
        Call tampilrecordkaryawan()
    End Sub
End Class

Tidak ada komentar:

Posting Komentar